Hobi: Keterampilan Penunjang Untuk Masa Depanmu

Hobi: Keterampilan Penunjang Untuk Masa Depanmu -- Hobi Yang Bermafaat Bagi Masa Depan & Pekerjaan, Peluang Usaha Menengah yang Menguntungkan sesuai Hobi, Hobi Kreatif untuk Sukses, Menjalakan Usaha Sesuai Hobi, Keterampilan Penunjang Kesuksesan Masa Depan.

Hello friend, kali ini admin akan berbagi artikel menarik tentang Hobi : Keterampilan Penunjang Untuk Masa Depanmu. Berawal dari hobi bisa menjadi sumber rejeki. Mari kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

https://www.katadancerita.web.id/

Hobi: Keterampilan Penunjang Untuk Masa Depanmu

Setiap orang pasti memiliki hobi. Apabila kita kreatif mengemas, hobi tersebut bisa diarahkan ke arah positif dan mendatangkan banyak keuntungan bagi kita, termasuk dari segi materiil. Meskipun demikian, tidak semua orang memperhatikan hobinya ketika ingin melanjutkan studi ke jenjang lanjutan ataupun dalam menentukan profesi bidang apa yang akan ditekuni.

Ada banyak pertimbangan tentunya terkait dengan profesi masa depan yang kita ingin jalankan. Tapi tidak usah berkecil hati, walaupun memiliki profesi yang kita tekuni secara “professional”, bukan berarti kita tidak bisa menekuni hobi lho guys. 

Hobi-hobi kreatif berikut bisa kita pertahankan untuk penyelaras pekerjaan rutinmu nanti. Hanya beberapa saja yang disampaikan disini, tapi barang kali bisa membuka wawasan kamu untuk terus berkarya, bukan?

1. Memasak

Untuk kamu yang senang memasak, hobi ini akan sangat emmbantu kamu nanti. Misalnya lagi kuliah dan jadi anak kost, bisa buka usaha catering juga sekalian buat makan sendiri dan anak-anak kost sekitar atau teman-teman kampus. Pun ketika sudah bekerja nantinya, bisa menawarkan diri untuk membuatkan paket makan siang teman-teman di tempat bekerja atau bahkan mengelola usaha catering dengan skala yang lebih besar. 

2. Membuat Kue

Tidak jauh berbeda dengan memasak, hanya saja ini spesialisasinya membuat kue dan cemilan. Diproduksi homemade dan di promosikan lewat media sosial. Target pertama tentu teman-teman terdekat. Selanjutnya, tingga tunggu orderan. Apalagi zaman sekarang masyarakat mulai aware dengan kehadiran kue dalam segala jenis perayaan dari mulai ulang tahun, anniversary, kelulusan dan lain-lain. Tidak hanya cake, jajanan kecil juga potensial untuk dikembangkan. Seringnya di acara kampus atau kantor kita kan memerlukan cemilan kecil untuk acara tertentu. Jika bisa mengambil order ini, wah bayangkan keuntungan yang kita dapatkan dari hobi kita mengaduk mixer dan mengoven! Haha.đŸ˜†

3. Make Up

Selama ini hobi make up diidentikkan dengan keborosan karena menumpuknya peralatan kecantikan aneka merk dengan berbagai harga di kamar kamu, bukan? Well, jika make up memang passion kamu, kenapa tidak dikembangkan untuk jadi MUA nya teman-teman kamu? 

Dengan harga miring sebagai promosi, hitung-hitung sebagai belajar kamu bisa memanfaatkan hobi kamu untuk nambah uang jajan dan ups, beli kosmetik baru. Hobi make up an juga bikin kamu jadi kayak make up expert di kalangan teman-teman kamu yang masih newbie sama kosmetik. Bagus dong kalau kamu juga bisa ambil keuntungan marketing dari sini dengan menjual produk-produk make up berkualitas yang bisa kamu rekomendasikan ke teman-temanmu. 

Misalnya, ada yang ngeluh kok mukanya engga cling cerah putih kayak kamu. Terus kamu tawarin deh skin care kesayangan kamu, sekalian beli PO nya bareng kamu dan sebagainya. let’s catch the opportunities!

4. Fotografi

Berawal dari tukang foto anak-anak di kelas, jiwa fotografermu pun menjadi-jadi. Yap, biar engga terus hunting foto cewek cantik doang, mulailah kumpulin portofolio kerjaan kamu selama ini dan masukkan ke sosmed. Jangan lupa disertai sarana promosi bahwa kamu menerima jasa foto dan editing untuk kelas, keluarga, pasangan, pre-wedding dan lain sebagainya. Sambil jalanin hobi, sambil menggali rezeki. Right?

5. Main Alat Musik

Jangan lupa buat selalu eksis di acara kampus ataupun kantor sebagai sarana promosi. Jangan lupa juga buat upload upload sample kebolehan kamu di sosmed buat narik fans. Haha. Lambat laun kalau memang kualitas kamu oke, jangan sia-siakan tawaran buat isi event dari pernikahan, ulang tahun, sampai ke ulang tahunnya kantor lain yang pastinya akan menambah uang bulanan kamu. Tidak banyak awalnya tapi daripada tidak sama sekali dan kamu berakhir jadi penyanyi kamar mandi doang, kan sayang. Kalau sering tampil, minimal banyak yang tahu. Siapa tahu bisa jadi the next idol di Indonesia!

6. Menulis

Buat mbak mbak mas mas yang suka pandang-pandangan mesra sama buku, laptop dan handphone sambil berpikir dan cari inspirasi! Jangan putus asa. Gunakan hobi menulismu untuk menambah penghasilan yang menopang karir kamu. Search aja di google “lowongan penulis freelance” banyak kok. Sambil buat tugas, bosen dikit ya nulis artikel. Sambil selesaikan deadline, buat satu cerita. Apa saja, kapan saja dimana saja.

7. Bengkel

Buat kamu yang hobi utak atik segala jenis barang elektronik dan entah kenapa bisa jadi bener. Wah, kesempatan emas banget nih. Di kampus atau di kantor nanti kamu akan bertemu dengan banyak orang yang ininya rusak itunya rusak. Hehe. Sekali dua kali, kalau tingkat kesulitan rendah bolehlah dibantu secara gratis. Tapi kalau sudah butuh tenaga lebih, bisa dong ada fee nya sedikit. Termasuk juga kamu-kamu yang jago komputer nih. Install ulang laptop lah minimal. Bisa banget buat nambah-nambah uang pulsa kamu sebulan.

8. Belajar Bahasa Asing

Ada yang hobinya belajar bahasa asing? Bahasa Inggris lah paling tidak. Kesempatan kamu terbuka untuk jadi translator buku teman-teman kamu yang ada tugas, menerjemahkan abstrak bahkan bisa sampai menulis artikel Bahasa Inggris berbayar untuk dimuat di majalah atau di website! Selain itu keterampilan bahasa asing kamu juga bisa kamu manfaatkan untuk jadi tour guide dadakan kalau kamu tinggal di daerah pariwisata. Buat kamu yang suka nonton film asing, ala-ala film korea, kesempatan ini bagus banget buat kamu manfaatin sebagai langkah awal belajar bahasanya. Jadi hobi kamu tidak lagi hanya nonton drama saja tapi sudah merambah ke belajar bahasa. Fufufufu.

9. Menggambar

Kalau dulu susah rasanya jadi seniman, dengan kemajuan teknologi dan informasi semua jadi lebih terasa masuk akal. Kamu suka menggambar komik? Choose publikasikan karyamu paling tidak di platform online, misalnya Webtoon Challenge. Karyamu bisa dibaca banyak orang dan berkesempatan menjadi komik resminya Webtoon yang pastinya akan memberikanmu pundi-pundi rezeki. Selain itu, kalau kamu suka menggambar ilustrasi sentilan-sentilan politik, kamu juga bisa mengisi gambar-gambar untuk media cetak. Jangan pasif, lihat dan dengarlah kemungkinan-kemungkinan kecil sarat peluang untuk mengembangkan hobimu.

10. Menjahit

Keterampilan satu ini bisa menjadi hobi yang istimewa banget buat kamu apapun profesimu nanti. Paling tidak, kamu bisa menghemat pengeluaran belanja baju karena kamu bisa menjahitnya sendiri. Dengan model yang limited edition, ukuran yang selalu pas di badan, kamu dijamin bakalan jadi trendsetter dimanapun kamu berada. Haha. Di waktu luang kamu juga bisa menawarkan diri buat jahitin seragamnya genk kamu, teman sekelas, teman kantor dan lain-lain.


Nah bagaimana? Setelah membaca ini semua, ternyata tidak masalah kan jika kita masih mempertahankan hobi meskipun telah memilih profesi lain untuk ditekuni? 

Hobi-hobi kreatif ini bisa menjadi penunjang masa depanmu dalam dua cara: pertama, bisa jadi kamu ingin menekuninya sebagai profesi utama, kedua bisa jadi kamu tetap mengerjakan profesi lain sebagai profesi utamamu tapi kamu tetap melanjutkan hobimu sebagai profesi sampingan. 

Sampingan tapi bukan rendahan, dan bukan sebelah mata. Bahkan bisa jadi penghasilan utamamu terletak pada hobi yang menjadi passionmu. Mungkin ada karier lain yang kamu ingin kejar dan sayang untuk dilepaskan, tapi untuk punya keteampilan penunjang untuk masa depanmu, tidak ada yang salah kan? Mari giatkan hobimu ke arah positif dan membangun!

Baca juga :

Demikian artikel menarik dari admin tentang Hobi: Keterampilan Penunjang Untuk Masa Depanmu. Semoga bermanfaat untuk masa depan kalian. Terima kasih dan mari turut berbagi info.