17 Tips Memilih Pasangan Hidup yang Baik

17 Tips Memilih Pasangan Hidup yang Baik -- Tips Memilih Pasangan Hidup yang Ideal, Tips Memilih Jodoh yang Baik, Tips Memilih Jodoh yang Baik dan Ideal, Tips Memilih Pasangan yang Tepat Sebelum Menikah, Kriteria Memilih Calon Suami / Istri, Kriteria Jodoh Yang Baik Menurut Islam, Tips Memilih Jodoh yang Baik, Cara Menemukan Pasangan Hidup Yang Tepat.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang 17 Tips Memilih Pasangan Hidup yang Baik. Informasi ini ditujukan terutama untuk kamu yang ingin mencari pasangan hidup yang baik atau ideal. Mari baca informasinya yang telah admin rangkum berikut ini.

https://www.katadancerita.web.id/

Memilih pasangan hidup yang baik menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini diharuskan karena kita akan hidup bersama pasangan kita selama di dunia hingga akherat kelak.

Dalam menjalani kehidudpan bersama di dunia ini, tentu saja masalah akan muncul dalam kehidupan rumah tangga kita, jika pasangan kita adalah orang yang baik, maka masalah bisa segera diselesaikan dan mendapatkan solusi yang tepat.

Berbeda dengan pasangan yang kurang baik, terkadang sangat mudah untuk berkata pisah. Ketika ada masalah kecil pun sangat mudah untuk berkata "pisah saja kita". Maka dari itu, sebelum kamu memutuskan untuk menikahi seseorang, maka kamu harus mempertimbangkan banyak hal.

Kita harus mencari tahu cara-cara memilih pasangan hidup menrut agama dan juga menurut orang-orang ahli. Dengan berbekal panduan tersebut, mudah-mudahan kita mendapatkan pasangan hidup yang baik sesuai harapan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan ketika kamu ingin memilih pasangan hidup yang baik. Silahkan dibaca dan pahami.

17 Tips Memilih Pasangan Hidup yang Baik

1. Pilih Pasangan yang Baik Agamanya

Agama adalah hal mutlak yang harus dipertimbangkan. Pilihlah jodoh yang seiman dan seagama. Kamu yang mencari istri atau mencari suami wajib memilih pasangan hidupmu yang seiman dan seagama karena supaya kamu bisa menjalakan ibadah bersama-sama, keimananmu bertambah baik dan kamu diberi keturutnan anak-anak yang sholeh dan solehah.

2. Keturunan dari Keluarga Baik-baik

Pepatah mengatakah "buah jatuh tidak jauh dari pohonnya", ini artinya sifat-sifat atau nilai-nilai orang tua akan diturutkan pada anak-anaknya. Jika orang tuanya baik, maka anak-anaknya akan baik juga. Jika orang tuanya kurang baik, maka anak-anaknya juga kurang baik.

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa ada orang tua yang baik namun akannya ada juga yang tidak baik. Begitu pula sebaliknya ada orang tua yang kurang baik namun anaknya ada yang baik.

Yang jelas, pastikanlah bahwa keluarga calon pasanganmu adalah keluarga baik-baik dan calon pasanganmu juga orang baik-baik.

3. Memiliki Akhlak yang Baik

Wanita yang memiliki akhlak yang baik insyaAllah bisa menjadi istri yang baik dan ibu yang baik untuk anak-anak kita. Begitu pula laki-laki yang baik, maka bisa menjaga keluarga secara utuh dengan memberikan bimbingan kepada istri dan saling mengingatkan untuk kebaikan dan kesabaran.

4. Paras yang Cantik / Tampan

Paras yang cantik bisa menentramkan pandangan seorang laki-laki. Jadi seorang laki-laki yang akan memilih pasangan hidup perlu untuk memilih wanita yang memiliki paras cantik.

Sedangkan bagi seorang wanita, kalau bisa dapatkan pasanga hidup yang tampan karena ketampanan seorang laki-laki bisa membuat wanita senang memandangnya.

5. Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Pada dasarnya setiap manusia adalah pemimpin. Suami memimpin keluarga dengan membimbing istri dan anaknya, istri membimbing anak-anaknya, dan sebagainya. Memilih pasangan hidup yang memiliki jiwa kepemimpinan adalah salah satu hal yang harus dipertimbangkan.

6. Memiliki Sifat Penyayang

Pasangan yang sama-sama memiliki sifat penyayang akan menjadikan keduanya hidup berbahagia. Sifat penyayang akan membawa banyak kebaikan dan memberi pengaruh yang besar dalam kehidupan ini.

Kamu juga harus memastikan bahwa rasa sayang yang kamu berikan padanya akan dibalas dengan rasa sayang darinya. Pda intinya, kalian berdua harus saling menyayangi. Jadi, pilihlah pasangan hidup yang memiliki sifat penyayang.

7. Memiliki Ilmu Agama yang Baik

Laki-laki atau wanita yang memiliki ilmu agama yang baik akan menjalani hari-harinya dengan nuansa islami. Perilaku atau sikapnya akan dijaga sebaik mungkin serta taat dalam beribadah. Ilmu agama yang baik harus kamu pertimbangkan untuk memilih pasangan hidup.

8. Sehat secara Fisik dan Mental

Laki-laki yang sehat secara fisik dan mental akan mampu bekerja dengan baik untuk memberikan nafkah pada keluarga. Bagitu pula dengan wanita yang sehat secara fisik dan mental akan membantu suaminya dalam bekerja dan mengurusi rumah tangga. Pilihlah pasangan hidup yang sehat secara fisik dan mental.

9. Utamakan Pilih yang Masih Perawan

Bagi seorang pemuda (laki-laki) yang ingin memilih pasangan hidup sebaiknya memilih wanita yang masih perawan. Salah satunya yaitu agar kehidupan rumah tangga yang dibentuk terhindar dari masalah masa lalu yang tidak baik yang dibawa oleh pasangan.

10. Pilih Wanita yang Bisa Melahirkan Anak

Bagi seorang laki-laki yang akan memilih pasangan hidup, maka sebaiknya memilih wanita yang bisa melahirkan anak.  Andaikan seorang laki-laki muda menikah dengan wanita berusia 50 tahunan mungkin karena wanita itu kaya, maka kemungkinan untuk memiliki keturunan sangatlah kecil, maka pilihlah wanita yang masih muda yang bisa melahirkan anak.

11. Pilih Pasangan Hidup yang Bukan Saudara

Kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk tidak memilih pasangan hidup yang masing ada silsilah kekeluargaan. Salah satunya yaitu untuk menambah tali persaudaran antar sesama muslim lainnya. Maka pilihlah pasangan hidup dari keluarga muslim lainnya yang tidak ada hubungan sedarah.

12. Penyabar dan Penurut

Pilihlah wanita yang penyabar karena wanita yang demikian akan menguatkan laki-laki untuk semangat bekerja, menentramkan pikiran, dan bisa meredam amarah, mencairkan suasana yang tegang, dan lain-lain. Selain itu, pilih juga wanita yang penurut. Wanita penurut akan menurut jika diberi nasehat baik. Wanita seperti itulah yang akan membuat pasangan hidupnya semakin baik dan sukses.

13. Memilih Pasangan yang Setia dan Bisa Dipercaya

Memilih pasangan hidup yang setia dan bisa dipercaya itu harus. Dalam menjalani hidup ini pastilah ada kita harus saling menjaga kepercayaan dan setia satu sama lain. Jika kamu dan dia sama-sama bisa menjaga kepercayaan dan kesetiaan, maka kebahagiaan akan dirasakan bersama.

Kamu bisa memprediksikan, apakah dia bisa setia dan dipercaya atau tidak saat kamu dan dia saling mengenal. So, pilihlah pasangan hidup yang setia dan bisa dipercaya.

14. Pertimbangkan Kecerdasan Pasangan

Jika kamu orang yang santai, sedangkan pasanganmu orang yang sangat luar biasa, maka bisa terjadi ketidakseimbangan saat bicara atau berkomunikasi sehingga ada rasa kinder ataau kurang puas atas pertanyaan-jawaban yang disampaikan saat berbicara. Jadi, kecerdasan bisa kamu pertimbangkan untuk memilih pasangan hidup.

15. Status Sosial yang Setara

Status sosial terkadang menjadi salah satu pemicu timbulnya suatu pertengkaran dalam rumah tangga. Status sosial yang dimaksud adalah kekayaan (harta). Menikahi seseorang yang memiliki harta yang setara akan memberikan keseimbangan dalam menjalani kehidupan rumah tangga.

Hal ini ditegaskan oleh Rasulullah SAW yang menganjurkan agar memilih pasangan hidup yang setara dalam agama dan status sosialnya.

Misalnya : Seorang laki-laki miskin yang menikahi seorang perempuan kaya. Ketika ada suatu masalah dalam keluarga tersebut, bisa saja laki-laki itu dihina oleh istrinya dengan kata-kata yang tidak mengenakkan dan rumah tangga pun bisa-bisa tidak langgeng lagi.

Jadi, pilihlah pasangan hidup yang setara status sosialnya terutama dilihat dari segi kekayaan.

16. Memiliki Ketertarikan pada Hal yang Sama

Setiap orang pasti memiliki suatu hobi dan terkadang satu orang bisa memiliki banyak hobi. Jika kamu dan pasangan memiliki satu hobi yang sama, maka itu adalah hal positif yang bisa menunjang hubungan lebih hidup.

Misalnya, jika kamu suka olahraga dan pasanganmu juga suka olahraga, maka kalian sama-sama memiliki ketertarikan atau hobi yang sama pada bidang olahraga.

Ketertarikan pada hal yang sama akan membuat hubungan lebih hidup. Kamu bisa saling support dan ketika bercerita bisa nyambung sehingga kalian berdua bisa nyaman menjalani hubungan.

Jadi, pertimbangkan untuk memilih pasangan hidup yang memiliki ketertarikan pada hal yang sama.

17. Pastikan Kamu Cocok dan Nyaman Bersamanya

Ketika kamu merasa cocok dan nyaman saat bersamanya dalam berbagai situasi, maka kamu telah menemukan calon pasangan hidupmu. Jagalah dia agar terus bersamamu. Kamu bisa melanjutkan hubungan tersebut ke jenjang pernikahan.

Baca juga :

Itulah beberapa Tips Memilih Pasangan Hidup yang Baik untuk dijadikan pertimbangan. Semoga Tips-tips tersebut bisa memberikan pencerahan untuk kita semua terutama yang akan memilih pasangan hidup (jodoh).

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga kita bisa menemukan jodoh kita segera. Amin. Mari baca juga artikel lainnya. Jangan lupa untuk berbagi artikel ini dan mengajak teman lain untuk membaca artikel-artikel di blog ini. Cukup sekian dan sampai jumpa lagi.