Tips dan Sumber Motivasi Menyelesaikan Skripsi atau Tesis

Tips dan Sumber Motivasi Menyelesaikan Skripsi atau Tesis -- Cerita Motivasi Menyelesaikan Tugas Akhir Kuliah, Sumber Motivasi Menyelesaikan Skripsi atau Tesis, Tips Ampuh Menyelesaikan Skripsi dan Tesis, Kata-kata Motivasi Semangat untuk Menyelesaikan Skripsi (S1) atau Tesis (S2).

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Tips dan Sumber Motivasi Menyelesaikan Skripsi atau Tesis. Informasi ini admin tujukan secara khusus untuk mahasiswa S1 dan juga untuk mahasiswa S2. Ayo langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

https://www.katadancerita.web.id/

Hidup adalah perjuangan. Setiap hari kita melakukan aktivitas untuk memperjuang apa yang menjadi keinginan kita. Dengan perjuangan tersebut, dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih hebat dari sebelumnya, meski tak dapat dipungkiri kita pun pernah mengeluh saat menghadapi masalah yang begitu besar.

Setiap mahasiswa tentunya menginginkan agar dirinya bisa menyelesaikan kuliahnya dengan cepat atau tepat waktu. Namun pada kenyataannya banyak juga mahasiswa yang menghabiskan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan kuliah.

Pada dasarnya ada banyak hal yang menyebabkan mahasiswa lambat untuk selesai kuliah, diantaranya yaitu sering mengulang mata kuliah karena mendapatkan nilai dibawah standar, lama menyelesaikan magang, dan lama menyelesaikan tugas akhir.

Bagi kalian para mahasiswa, perjuangan meraih gelar sarjana bukan perjuangan yang mudah. Akan banyak rintangan yang harus kalian lewati untuk meraih gelar tersebut.

Rintangan yang sering muncul misalnya : sulitnya menentukan judul penelitian, sulitnya mendapat ACC tentang usulan judul penelitian, sulitnya menuliskan hasil pemikiran, sulitnya mendapat ACC seminar, hingga menjalani proses bimbingan yang terkadang sulit untuk bertemu dosen pembimbing.

Faktor-faktor kesulitan tersebut harus bisa diatasi agar kamu bisa terus semangat untuk menyelesaikan tugas akhir dengan tepat waktu dan akhirnya bisa meraih gelar sarjana.

Apa ya tugas akhir mahasiswa S1? Pasti teman-teman yang kuliah di tingkat Sarjana dijamin tau dech..

Ya, benar sekali.. jawabnya adalah Skripsi.

Skripsi adalah karya ilmiah yang harus dibuat oleh mahasiswa sebagai tugas akhir yang harus diselesaikan untuk memperoleh gelar Sarjana dari Perguruan Tinggi.

Namanya juga karya ilmiah, jadi tidak bisa sembarangan data yang bisa dimasukkan ke dalam skripsi. Data-data yang disajikan harus berdasarkan fakta, hasil pemikiran orang-orang sebelumnya atau para ahli yang telah melakukan penelitian di bidang yang relevan..

Jadi, ketika kamu sedang melakukan proses penyelesaian skripsi, bukan hanya kemampuan akademik dan konsistensimu yang akan diuji, tetapi kejujuranmu diuji juga. Apakah kamu akan menyajikan data sesuai fakta ataukah data yang disajikan adalah data manipulasi. Semua itu merupakan ujian bagi kamu.

Perjuangan dalam menyelesaikan skripsi adalah perjuangan yang luar biasa. Bukan hanya pikiran, tenaga dan biaya pun harus dikeluarkan. 

Pikiran digunakan untuk menyalurkan ide-ide yang akan dibuat dalam skripsi. Terkadang lancar dan terkadang buntu. Saat menemui kesulitan atau buntu, maka bertanyalah pada temanmu terutama yang sama pembimbingnya atau yang telah berpengalaman, atau bertanya pada dosen pembimbing skripsimu secara langsung untuk menemukan solusi atas kesulitanmu.

Tenaga, kamu membutuhkan tenaga ekstra untuk menyelesaikan skripsi. Bergadang tiap malam sudah menjadi suatu kebiasaan demi menyelesaikan skripsi. Di siang harinya harus menemui dosen yang terkadang sulit ditemui. Rasa capek sudah pasti di alami oleh mahasiswa tingkat akhir demi menyelesaikan skripsi.

Selain pikiran dan tenaga, kamu juga pasti membutuhkan biaya untuk menyelesaikan skripsi. Kamu perlu membeli kertas, tinta, dan sejumlah peralatan lain untuk skripsi, serta biaya perjalanan untuk menemui dosen, biaya makan, dan lain sebagainya. Apalagi jika kamu tidak mampu menyelesaikan skripsi dengan tepat waktu, terpaksa dech harus membayar uang kuliah lagi.

So..,, untuk kamu yang sedang berjuang menyelesaikan skripsi, teruslah bersemangat,, jangan pernah menyerah,, gelar sarjana akan segera kamu raih sebentar lagi.

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai sumber motivasi agar kamu terus bersemangat untuk menyelesaikan skripsi. Yuk, disimak berikut ini.

Sumber Motivasi Agar Skripsimu Cepat Selesai

1. Carilah Teman yang sama Pembimbingnya dan Memiliki Motivasi Tinggi

Kamu pasti tidak sendirian saat menyelesaikan skripsi. Ada teman-teman lain yang sama pembimbingnya dengan kamu. Kamu harus saling support satu sama lain agar saling mengingatkan di saat yang satu malas agar sama-sama terus bersemangat.

Berdasarkan pengalaman admin saat bimbingan skripsi dulu. Ada saja teman yang malas, dan ada pula teman yang konsisten terus untuk segera menyelesaikan skripsi. Nah, disitu admin berpikir harus mengikuti teman yang bersemangat agar skripsi bisa segera diselesai. Benar sekali, admin mampu menyelesaikan skripsi berkat support dari teman-teman yang spirit-nya tinggi.

Jadi, untuk kamu yang sedang proses menyelesaikan skripsi, carilah teman terutama yang sama pembimbingnya agar bisa sama-sama bimbingan dan teman tersebut memiliki motivasi yang tinggi atau lebih tinggi dari kamu.

2. Ingatlah Pesan dan Harapan Orang Tuamu

Ketika kamu malas atau kehilangan motivasi untuk menyelesaikan skripsimu, maka ingatlah pesan dan harapan orang tuamu. Setiap orang tua mengharapkan anaknya bisa menyelesaikan kuliah dengan lancar. Maka bersemangatlah, doa orang tuamu sangat mujarap dan selalu menyertaimu.

3. Ingat Dengan Keinginan Awalmu saat Masuk Kuliah yang Ingin Lulus Tepat Waktu

Jika kamu kehilangan motivasi dalam menyelesaikan skripsi, maka ingatlah keinginanmu dulu waktu awal masuk kuliah yang berniat untuk lulus kuliah tepat. Ingat pula perjuangamu selama kuliah. Jika kamu tidak mau menyelesaikan skripsi, maka akan sia-sia perjuanganmu. Jadi, bersemangatlah untuk menyelesaikan skripsimu.

4. Ingat Keinginanmu dan Pacarmu untuk Menikah

Bagi yang telah memiliki calon pacar. Pacarmu sudah pasti akan memberikan motivasi kepadamu untuk segera menyelesaikan kuliah. Jadikan dirinya sebagai sumber motivasi menyelesaikan kuliahmu segera mungkin.

5. Ciptakan Rasa Ingin segera Wisuda

Dengan memiliki keinginan untuk segera wisuda, maka kamu bisa termotivasi untuk segera menyelesaikan skripsimu. Ketika kamu malas, maka ingatlah keinginanmu tersebut.


Itulah beberapa sumber motivasi untuk menyelesaikan skripsi. Temukan sumber motivasimu dan teruslah berjuang menyelesaikan skripsi.

Selain sumber motivasi di atas yang bisa membuat kamu termotivasi kembali untuk menyelesaikan skripsi, ada beberapa tips juga yang perlu kamu baca agar bisa memotivasi dirimu. Yuk.. disimak.

Tips Ampuh Agar Skripsimu Cepat Selesai

1. Berdoalah kepada Allah

Ingatlah, berdoa itu sangat penting. Maka berdoalah kepada Allah agar skripsi yang kamu buat bisa dipermudah dalam proses penyelesaiannya, diperlancar dalam proses bimbingan, diperlancar saat ujian, hingga lulus kuliah.

2. Buat Agenda Harian

Ketika kamu ingin segera menyelesaikan kuliah, maka agenda harian perlu kamj buat. Misalnya, "setiap hari saya harus mengetik 2 - 5 lembar". Nah kamu harus memenuhi itu agar skripsimu cepet selasai.

3. Konsisten

Jika kamu telah membuat agenda harian, maka kamu harus konsisten dengan itu. Kamu harus berupaya untuk menghasilkan ketika skripsi 2 - 5 lembar per hari. Teruslah jaga konsistensimu.

4. Skripsi itu Dikerjakan, Bukan dipikirkan saja

Jika kamu ingin segera menyelesaikan skripsi, maka kerjakanlah. Rencana-rencanamu untuk mengetik ini mengetik itu harus diwujudkan dalam tindakan nyata. Jangan hanya dipikirkan saja.

So.. Pikirkan lalu kerjakan skripsimu. Skripsi itu dikerjakan, bukan dipikirkan saja.

5. Bertindaklah agar Skripsimu Cepat Selesai

Jangan hanya berpikir ingin cepat selesai skripsi jika kamu belum bertindak. Bertindak adalah hal yang wajib dilakukan. Pepatah mengatakan "Tindakan kecil yang dilakukan saat ini lebih berarti dari pada rencana besar yang hanya dipikirkan saja".

Jika kamu ingin segera menyelesaikan skripsimu, maka bertindalah. Kerjakan secara konsisten dan jangan pernah menyerah ketika berhadapan dengan masalah. Ceritakan pada teman baikmu apa yang kamu hadapan, insyaAllah temanmu bisa membantu.

So,, untuk kamu yang ingin segera menyelesaikan skripsimu, ayo bertindaklah.

6. Jangan Takut Salah

Dalam mengerjakan skripsi, sudah pasti kamu akan mengalami yang namanya "salah" karena memang kamu masih tahap belajar. Ketika kamu menemui kendala, jangan takut untuk selalu berkonsultasi dengan dosen pembimbing, karena memang tugas dosen pembimbing adalah membimbing kamu.

Pada saat bimbinganpun pasti kamu akan disalahkan oleh dosen pembimbingmu. Yang jelas, kamu jangan takut salah. Tugasmu hanyalah membuat skripsi, dan tugas dosen pembimbing adalah mengoreksi skripsi. Jadi, jangan takut salah karena takut salah bisa membuat orang menyerah duluan.

7. Buatlah Grup Diskusi

Saat kuliah kamu pasti punya banyak teman kan?, nah, demi kelancaran proses penyelesaian skripmu dan teman-teman, maka buatlah grup diskusi. Grup tersebut digunakan untuk saling bertukar pendapat, saling bertukar cerita saat bimbingan dengan dosen, saling membantu teman yang mengalami kesulitan, dan berdiskusi mengenai masalah-masalah skripsi.

8. "Skripsi yang Baik Adalah Skripsi yang Selesai"

Skripsi yang Baik Adalah Skripsi yang Selesai, Ya itulah kata-kata dari Mendikbud kita dulu, Pak Anies Baswedan. Jelas sekali, sebaik apapun skripsimu, jika tidak selesai masih belum bisa dikatakan skripsi yang baik. Oleh karena itu, selesaikanlah skripsimu segera skripsimu bisa dikatakan skripsi yang baik.


Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar skripsimu cepat selesai. Mudah-mudah jika kamu bisa menerapkan tips tersebut dengan baik, skripsimu bisa selesai dengan tepat waktu.

Tips-tips dan sumber motivasi yang telah admin jelaskan di atas juga cocok untuk mahasiswa S2 yang sedang menyelesaikan Tesisnya.

Tidak dapat dipungkiri pula bahwa mahasiswa S2 juga mengalami kendala dalam menyelesaikan Tesis. Kendala yang muncul dumulai dari pengajuan judul, proses bimbingan, sampai dengan seminar dan sidang akhir.

Oleh karena itu, tips-tips dan sumber motivasi di atas perlu dibaca oleh mahasiswa S2, atau bahkan mahasiswa S3.

Jangan pernah menyerah, teruslah berjuangan secara konsisten, tugas akhirmu akan segera selesai. (Tarsudin).

Ayo Baca Juga :

Demikianlah artikel tentang Tips dan Sumber Motivasi Menyelesaikan Skripsi atau Tesis. Semoga setelah membaca artikel ini kamu semua bisa mendapatkan semangat baru dalam menyelesaikan skripsi atau tesis. Let's share this article to your friends. Go spirit for succes. Thanks.